-->

Ada Yang Tau Gak Ya? Sejarah Kumandang Adzan dan Iqamah

Sejarah Kumandang Adzan dan Iqamah - Sebagai umat muslim pastinya kita sudah mengerti apa itu adzan dan Iqamah. Adzan merupakan sebuah seruan yang menandai masuknya waktu shalat lima waktu dan dilafazhkan dengan lafazh-lafazh tertentu. Sedangkan Iqamah merupakan seruan bahwa shalat akan segera didirikan dengan menyebut lafazh-lafazh khusus, Iqamah bisa disebut juga sebagai adzan kedua.
Sejarah Kumandang Adzan dan Iqamah

Yang menjadi pertanyaan dan pembahasan kita kali ini adalah sejak kapan adzan dan iqamah itu munculnya ? bagaimana sejarah awal dikumandangkannya adzan dan Iqamah ? Berikut ini akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut dari beberapa sumber yang dapat dipercaya. Berikut informasi selengkapnya.

Adzan mulai disyariatkan pada tahun kedua Hijriah. Dasar hukum Adzan dan Iqomah ialah Ijma` yang didahului hasil mimpi `Abdullah bin Zaid (beliau adalah seorang hamba Allah yang berasal dari bani Khazraj, beliau mengikuti baiah aqabah ke-2) pada suatu malam dimana para sahabat sedang sibuk bermusyawarah mengenai cara mengumpulkan manusia.

Mimpi tersebut seperti yang termaktub di dalam Sunan Abi Dawud adalah: Dari `Abdillah, dia berkata: "Begitu Nabi Muhammad SAW memerintahkan menggunakan lonceng untuk dipukul guna mengumpulan para manusia untuk mengerjakan shalat, di tengah-tengah saya tidur, melintaslah padaku seorang laki-laki yang membawa lonceng ditangannya. Maka saya berkata: "Hai hamba Allah; apakah lonceng itu akan saudara jual?"

Ia menjawab: Akan saudara gunakan untuk apa? Sayapun menjawab: Saya akan menggunakannya untuk memanggil para manusia melakukan shalat. Ia berkata: Maukah saudara jika saya tunjukkan cara yang lebih bagus dari itu ?

Saya menjawab: "Baiklah dan terima kasih. Ia pun berkata: Supaya kamu katakan 

Allahu Akbar - Allahu Akbar (2x)

Asyhadu alla ilaha illallah (2)

Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah (2x)

Hayya 'alash sholah (2 kali)
Disclaimer:
. Mohon untuk selalu mengecek tanggal DI TERBITKAN lowongan kerja diatas.

. Perlu sahabat Infolokercikarang ketahui, kami tidak pernah meminta imbalan atau biaya dalam bentuk apapun terhadap informasi lowongan kerja disitus ini apabila ada pihak yang mengatasnamakan kami atau perusahaan meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau yang lainnya bisa dipastikan itu PALSU

. Informasi lowongan kerja yang kami terbitkan berasal dari group facebook dan dari situs yang terpercaya yang kami searching terlebih dahulu kebenarannya. Apabila ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
MAU DAPAT INFO LOKER GRATISS ? Gabung disini.

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments